Pages

Ads 468x60px

Kamis, 24 Juli 2014

RENUNGAN BIJAK


MEMBAGI - BAGI
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu kekurangan. Siapa banyak memberi berkat diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. Siapa menahan gandum, ia dikutuki orang, tetapi berkat turun di atas kepala orang yang menjual gandum. 
   
ARTI KEHIDUPAN
Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa yang mengejar kejahatan, menuju kematian. Orang yang serong hatinya adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi orang yang tak bercela, jalannya dikenan-Nya. Sungguh, orang jahat tidak akan luput dari hukuman, tetapi keturunan orang benar akan diselamatkan. Seperti anting-anting emas di jungur babi, demikian perempuan cantik yang tidak susila. Keinginan orang benar mendatangkan bahagia semata-mata, harapa orang fasik mendatangkan murka.


MENGUBAH HIDUP ANDA
Siapa mengumpat, membuka rahasia, tetapi siapa yang setia, menutupi perkara. Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada. Sangatlah malang orang yang menanggung orang lain, tetapi siapa yang membenci pertanggungan, amanlah ia. Perempuan yang baik hati beroleh hormat; sedangkan seorang penindas beroleh kekayaan. Orang yang murah hati berbuat baik kepada dirinya sendiri, tetapi orang yang kejam menyiksa badannya sendiri. Orang fasik membuat laba yang sia-sia, tetapi siapa menabur kebenaran, mendapat pahala yang tetap.


ORANG BENAR DAN ORANG FASIK
Orang benar diselamatkan dari kesukaran, lalu orang fasik menggantikannya. Dengan mulutnya orang fasik membinasakan sesama manusia, tetapi orang benar diselamatkan oleh pengetahuan. Bila orang benar mujur, beria-rialah kota, dan bila orang fasik binasa, gemuruhlah sorak-sorai. Berkat orang jujur memperkembangankan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya. Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang pandai berdiam diri.


HARTA TIDAK BERGUNA
Neraca serong adalah kekejian bagi Tuhan, Tetapi Ia berkenan akan batu timbangan yang tepat. Jika keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmat ada pada orang yang rendah hati. Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya. Pada hari kemurkaan harta tidak berguna, tetapi kebenaran melepaskan orang dari maut. Jalan orang saleh diratakan oleh kebenarannya, tetapi orang fasik jatuh karena kefasikannya. Orang yang jujur dilepaskan oleh kebenarannya, tetapi pengkhianat tertangkap oleh hawa nafsunya. Pengharapan orang fasik gagal pada kematiannya, dan harapan orang jahat menjadi sia-sia.

                                             Tuhan memberkati 
 



Tidak ada komentar:

Blog Archive

Blog Archive

Pages - Menu

 
 
Blogger Templates